Histogram Equalization (Perataan Histogram)

Nsagita
2 min readMar 14, 2021

Halooo :))

Image enhancement = Perbaikan Kualitas Citra, tujuannya untuk mendapatkan citra yang lebih baik yang akan digunakan untuk pengolahan citra lebih lanjut.

Nah kenapa Image enchancement ini amat sangat diperlukan sebelum mengolah citra lebih lanjut ? bisa dikatakan Image enchancement ini sebagai pre-processing(proses awal) sebelum citra diolah, bisa jadi citra mengandung kecacatan seperti noise,contras citra terlalu gelap/terang, kurang tajam/kabur.

Histogram Equalization adalah salah satu teknik yang dapat meningkatkan kualitas citra. Histogram Equalization ini mengubah derajat keabuan suatu pixel dengan derajat keabuan yang baru dengan menaikkan global contrast dari citra, dengan begitu nilai intensitas suatu citra dapat merata dengan baik sesuai dengan histogramnya.

Lakukan Histogram Equalization terhadap 8 x 8 pixel , L = 8 dengan distribusi nilai grey level intensitas seperti dibawah ini, kemudian gambarkan histogram citra awal dan histogram citra setelah dilakukan Histogram Equalization terhadap citra tersebut:

Langkah Menghitung Histogram Equalization :
1. Hitung jumlah pixel untuk setiap intensitas.
2. Hitung probabilitas untuk setiap pixel.
3. Hitung cumulative probability nya.
4. Lakukan penskalaan berdasarkan rentang intensitas citra tersebut.
5. Lakukan rounding pembulatan (Nilai intesitas baru).
6. Buat pemetaan nilai intensitas dan Jumlah pixel pada intensitas baru.

Perhitungan Histogram Equalization

Perhitungan Histogram Equalization menggunakan python

y_new = Jumlah pixel yang baru

code : link

--

--