Belajar Git 2

Nsagita
2 min readOct 4, 2021

Dilanjut dari Belajar Git 1

Kali ini akan membahas :

Git Data Model

Skema git data model : Button kuning (develop) dapat dikatakan “master/main branch”, kemudian dari main branch bisa kembangkan menjadi fitur lain/new branch (button pink), dimana new branch yang dibuat dikerjakan secara dipendent jadi tidak menggangu pekerjaan yang ada di main branch. Button kuning menandakan setiap commit, Commit : menyimpan/record setiap perubahan yang kita lakukan di dalam file yang kita kerjakan. Panah : arah dari commit sebelumnya

Skema git data model : Button kuning (develop) dapat dikatakan “master/main branch”, kemudian dari main branch bisa kembangkan menjadi fitur lain/new branch (button pink), dimana new branch yang dibuat dikerjakan secara dependent dengan demikian tidak menggangu pekerjaan yang ada di main branch. Button menandakan setiap commit, Commit : menyimpan/record setiap perubahan yang kita lakukan di dalam file yang kita kerjakan. Panah : arah dari commit sebelumnya. Branching (cabang dari commit).

Git Data Model : Merge

Proses merging (penggabungan cabang)

Jika proses pengerjaan feature branches sudah selesai,kita dapat melakukan penggabungan dengan konsep merge, untuk merge ada beberapa mekanisme yang dapat dilakukan, dapat langsung di merge atau dapat direview dan ditesting dahulu sebelum merge ke main branch.

Ketika pengerjaan dari satu branch selesai , maka harus dilakukan merge (penggabungan), agar dapat tergabung ke main branch.

Source :

https://pacmann.io/

--

--